Selasa, 17 Desember 2013

Puluhan Desa Di Majalengka Siap Luncurkan Website

| No comment

desa majalengkaMajalengka,
Sebanyak seratus peserta yang merupakan perwakilan dari desa-desa di wilayah Kabupaten Majalengka mengikuti Pelatihan Pengelolaan Website Desa di Aula STAI PUI Majalengka, Jl. Suma, Majalengka, Rabu (18/12).


Dalam pelatihan yang direncanakan berlangsung selama dua hari tersebut, para peserta akan mendapatkan pemaparan seputar  pentingnya website sebagai media informasi untuk mengenalkan potensi-potensi yang dimiliki oleh desa masing-masing, selain itu, para peserta juga mendapatkan materi seputar cara pembuatan website, penulisan berita, serta materi penunjang lainnya.


Yossy Suparyo, Koordinator Gerakan Desa Membangun (GDM) dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa pemerintahan desa harus memiliki insiatif untuk mengelola informasinya secara mandiri. Hal ini penting dilakukan untuk mendorong penataan sistem informasi yang baik secara menyeluruh.


“Karena jika desa baik, maka kecamatan ikut baik, begitu juga kabupaten, bahkan pusat. Jadi, jika desa memiliki pengelolaan informasi yang baik, maka negara pun akan baik. Semuanya bertumpu pada desa,” papar Yossy.


Yossy menambahkan, melalui pelatihan ini, maka pemerintahan desa akan lebih berdaulat, mereka bisa memanfaatkan fasilitas ini sebagai alat mempromosikan potensi-potensi yang ada.


“Desa harus bangkit, jangan mau hanya menjadi pihak yang disalah-salahkan,”


Sementara itu, Wawan Kurniawan, Kabid Kominfo Kabupaten Majalengka mengatakan, acara ini digelar sebagai bentuk apresiasi dari pihak pemerintahan kabupaten atas kesemangatan yang dimiliki oleh pihak desa untuk berupaya menyediakan sistem data yang baik serta dengan sistem yang lebih canggih.


“Kegiatan ini sudah digelar dua angkatan, dilaksanakan setiap tahun. Kami berharap, melalui ini pemerintahan desa bisa melakukan pengolahan data yang baik dan praktis, sekaligus mampu meningkatkan pelayanan di desanya masing-masing,” ungkap Wawan.


GDM merupakan gerakan yang mendorong pelayanan publik yang baik, efektif dan efesien. Melalui gerakan ini, tiap-tiap desa yang mengajukan akan difasilitasi dengan pembuatan website secara gratis berikut bimbingan dalam pengolahannya. Untuk di wilayah Jawa Barat, program ini digerakkan oleh Relawan TIK Jawa Barat dan JINGGA Media.

Tags : , ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar