Senin, 06 Januari 2014

Tahun 2014, Pengelolaan Informasi Desa di Cirebon Semakin Penting

| No comment
[caption id="attachment_563" align="aligncenter" width="450"]Ahmad Rovahan, Direktur Program JINGGA Media Ahmad Rovahan, Direktur Program JINGGA Media[/caption]

Astanajapura, Cirebon Post
Pengelolaan media informasi di desa semakin penting dalam menghadapi persaingan global di tahun 2014. Di tahun ini, diprediksikan hampir dari setiap komunitas dan kelompok sosial maupun bisnis mengalami kenaikan hingga sebesar 45 % lebih dalam hal menyasar pengelolaan media informasi sebagai salah satu alat pengembangan.



Demikian disampaikan Ahmad Rovahan, Direktur Program JINGGA Media, dalam Konferensi Pers  Laporan Tahun 2013 tentang Peluang Pengelolaan Informasi Desa di Kantor JINGGA Media, Jl. Kendal, Mertapada Wetan, Astanajapura, Cirebon, Minggu (5/1).



“Dalam hal ini, poinnya adalah pemanfaatan internet. Sumber daya di desa harus mampu turut memanfaatkan peluang ini sebagai salah satu ikhtiar dalam promosi dan pengembangan potensi desa,” ungkapnya.



Rovahan melanjutkan, dari data yang diterima JINGGA Media, sudah terdapat beberapa desa di Cirebon yang melakukan pengelolaan media informasi secara optimal, di antaranya dengan memanfaatkan jaringan radio komunitas dan buletin warga.



“Ini memang layak di apresiasi, beberapa desa membuktikan dengan pengelolaan informasi yang maksimal bisa membawa mereka kepada pengembangan yang cukup signifikan, hal tersebut bisa ditopang secara lebih kuat melalui media internet berupa website yang tentu akan memiliki akses secara luas dan tanpa batas” jelasnya.



Rovahan menyebutkan, JINGGA Media telah sedikit banyak terlibat dalam pengembangan website di beberapa desa di Kabupaten Majalengka dan Tasikmalaya melalui Gerakan Desa Membangun (GDM), di beberapa proyek pengelolaan informasi tersebut, masing-masing desa telah dapat  memanfaatkan secara mandiri sebagai ruang untuk mempromosikan segenap potensi yang dimiliki, mulai dari pertanian, perikanan, usaha kecil, wisata dan sebagainya.



“Tahun ini, akan kami konsentrasikan di Cirebon. Melalui peluang pengembangan  website secara gratis untuk pengelolaan informasi di desa-desa,” pungkasnya. [Ismail/CP-06]

Tags : , ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar