Kamis, 18 September 2014

Enam Desa Ikuti Pelatihan Jurnalisme Warga dan Peluncuran Website

| No comment

Cirebon, JM


Beberapa kuwu dan perangkat desa yang merupakan perwakilan dari 6 desa mengikuti pelatihan jurnalisme warga seklaigus peluncuran website desa yang diselenggarakan oleh JINGGA Media di Kantor Kuwu Desa Buntet Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon, Rabu (17/9).


Dalam sambutannya, Sobih Adnan, Direktur Pusat Data, Riset dan Publikasi JINGGA Media mengatakan, pelatihan ini merupakan bagian penting dalam usaha melakukan tata kelola informasi desa. Menurutnya, gagasan penerbitan website desa tidak akan mampu berjalan tanpa bekal jurnalisme warga.


“Jika website diibaratkan sebagai rumah, maka kemampuan jurnalistik bagi pengelolanya akan menunjukkan apakah penghuni rumah tersebut harmonis atau kosong. Jadi, semoga pelatihan ini bisa menjadi penyemangat tambahan bagi desa-desa yang telah tergabung dalam gerakan website desa bersama JINGGA Media,” katanya.


Sementara itu, Edi Suhaedi, Kuwu Desa Buntet mengungkapkan, pihaknya menyambut baik atas terlaksananya pelatihan tersebut. Ia juga merasa yakin, dengan diterbitkannya website yang akan dikelola masing-masing pihak desa, masa depan dan kehidupan masyarakat desa akan menjadi lebih baik dan mandiri.


"Saya menyambut baik pelatihan ini, terlebih lagi karena kami dipilih sebagai tuan rumah. Mudah-mudahan, pelatihan ini dapat berjalan lancar, dan membuat desa semakin maju dan berkembang melalui tata kelola informasi yang akan dilakukan," ungkapnya.

Dalam pelatihan ini, diluncurkan sebanyak 6 website yang akan dikelola oleh desa-desa di Kabupaten Cirebon, yakni Desa Buntet (www.buntet.cirebonkab.go.id), Desa Mertapada Kulon (www.mertapadakulon.cirebonkab.go.id), Desa Munjul (www.munjul.cirebonkab.go.id), Desa Rawaurip (www.rawaurip.cirebonkab.go.id), Desa Mertapada Wetan (www.mertapadawetan.cirebonkab.go.id) dan Desa Cipeujeuh Kulon (www.cipeujeuhkulon.cirebonkab.go.id). Masing-masing website memanfaatkan domain cirebonkab.go.id yang merupakan bentuk dukungan dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Cirebon.
Tags : ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar