Kamis, 18 September 2014

RADAR Cirebon Terima Penghargaan Media Peduli Buruh Migran 2014 dari JINGGA Media

| No comment

Cirebon, JM


Hasil pantauan JINGGA Media selama satu tahun terhadap media-media di Wilayah III Cirebon terkait penginformasian isu-isu penguatan buruh migran akhirnya memutuskan Harian RADAR Cirebon sebagai penerima Penghargaan Media Peduli Buruh Migran 2014. RADAR Cirebon berhasil megumpulkan nilai sebanyak 44 % frekuensi lebih besar di banding media lainnya.


Demikian keputusan yang dibacakan Sobih Adnan, Direktur Pusat Data, Riset dan Publikasi JINGGA Media dalam penyerahan Penghargaan Media Peduli Buruh Migran 2014 di Kantor Redaksi RADAR Cirebon, Jl. Perjuangan – Kota Cirebon, Kamis (18/9).


“Kami ucapkan selamat kepada RADAR Cirebon, semoga penghargaan ini menjadi penyemangat untuk terus mempertahankan atau bahkan meningkatkan pemberitaan yang memiliki nilai keberpihakan kepada buruh migran,” katanya.


Sobih juga menegaskan, metode yang dicapai dalam melakukan penilaian ini adalah dengan melakukan pemantauan sejak tanggal 1 Januari 2014 hingga 17 September 2014 terhadap media-media arus utama yang memiliki hak siar di Kota dan Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Majalengka.


“Selain itu, kami juga mengadakan survei secara bertahap dan melakukan wawancara dan diskusi dengan melibatkan lembaga-lembaga sosial yang bekerja dalam bidang pendampingan buruh migran, antara lain Yayasan Fahmina, Women Crisis Center (WCC) Balqis, Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Kabupaten Cirebon dan SBMI Kabupaten Indramayu,” jelas Sobih.


Sementara itu, Ahmad Rovahan, Direktur Program JINGGA Media menambahkan, informasi terkait buruh migran sangat penting untuk dimunculkan di Cirebon dan sekitarnya, hal ini terkait dengan data skala nasional yang menunjukkan bahwa Cirebon merupakan daerah pengirim buruh migran terbanyak ketiga se-Indonesia.


“Beberapa kasus yang menimpa buruh migran pun di antaranya adalah karena keterbatasan informasi mengenai tata prosedural dan hukum yang berlaku, selain itu, keberadaan media yang peduli buruh migran menjadi bagian penting dalam mendorong pemerintah untuk melahirkan regulasi yang dinilai memiliki keberpihakan kepada buruh migran,” katanya.


Penyerahan anugerah ini diberikan oleh Ahmad Rovahan kepada Rusdi Polpoke dan Khoirul Anwar, Redaktur Pelaksana RADAR Cirebon, disaksikan oleh Roziqoh Sukardi dari Yayasan Fahmina, Ela dari WCC Balqis dan Sobih Adnan, Direktur Pusat Data, Riset dan Publikasi JINGGA Media.

Tags : ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar